Categories
Uncategorized

Komputer Gagal Booting? Sebab dan Jalan Keluar

Komputer jadul saya ASUS A7N8X-X tiba-tiba aja error. Waktu itu ketika dinyalakan ada pesan bahwa MBR error.

Biasanya kalo dianalisa pesan error seperti ini cukup diobati dengan menggunakan software windows. Dengan memakai software windows kita bisa melakukan repair pada bootingnya yang memang sedang bermasalah.

Namun ketika saya masukkan CD software Windows, program instalasi tidak mau jalan, saya coba menggunakan Windows XP dan Windows 7. Ternyata keduanya tetap gagal melakukan proses instalasi.

Setiap loading beberapa file windows, instalasi berhenti ketika akan start. Di layar tertera tulisan bahwa telah terjadi kegagalan proses start pada windows XP (waktu itu saya mau install windows XP). Seolah-olah CD drive saya gagal membaca salah satu file dalam CD.

Setelah mencoba mengganti-ganti CD software Windows dan CD drive-nya ternyata juga tetap tidak ada perubahan. Inipun saya juga telah mengganti-ganti harddisk yang saya pakai. Dugaan saya yang mengira bahwa telah terjadi kerusakan pada hardware tersebut ternyata meleset.

Setelah saya amati dengan seksama, ada sesuatu yang kelihatan kurang normal. Setiap kali komputer dinyalakan, waktu bios menghitung jumlah memori kadang-kadang tidak sesuai dengan jumlah memori yang terpasang.

Memori yang saya pasang mempunyai jumlah total 1GB, namun komputer kadang menghitung jumlahnya hanya 768MB.

Akhirnya saya bongkar komputer tersebut dan saya copot semua memori yang saya pasang, terdiri dari tiga buah memori dengan satu buah RAM 512MB dan dua buah RAM 256MB. Maklum waktu itu menambah jumlah RAM dengan membelinya jika ada uang.

Setelah terlepas, selanjutnya semua memori RAM tersebut saya bersihkan pin-pin tembaganya dengan menggunakan penghapus pensil sampai kelihatan mengkilap. Habis itu dibersihkan soket tempat RAM tersebut dari debu dengan menggunakan kuas kecil, kemudian RAM dipasang kembali ke soketnya.

Komputer saya nyalakan lagi, dan bios sekarang menghitung RAM sudah benar, 1GB.

Saya coba untuk install windows lagi, hasilnya kini proses instalasi bisa berjalan dengan normal sampai proses instalasi selesai.

Jadi untuk yang punya komputer yang sudah jadul agar tetap sering-sering untuk selalu rajin membersihkannya. Walaupun komputer jarang dipakai karena mungkin sudah punya netbook atau laptop yang lebih canggih.

Posting Komentar

Silahkan komen apa aja yang penting sopan dan jangan meninggalkan link apapun di dalam komentar anda. Terimakasih.

Sumber: http://andra7208computer.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *